Friday 26 May 2017



Alhamdulillah, Allah masih perkenankan saya untuk bertemu dengan bulan Ramadhan tahun 2017 / 1438 Hijriyah. Sesuatu yang harus saya syukuri. Disyukuri dengan cara memperbaiki kualitas dan kuantitas ibadah kepadaNya. Apalagi di Bulan Ramadhan ini segala amal ibadah dilipat gandakan. Maka sudah selayaknya kita memanfaatkan momen langka ini.
Membuat target ibadah selama Ramadhan bukanlah sesuatu yang salah, malah hal tersebut dicontohkan oleh Rasulullah, para sahabat, tabi'in dan generasi setelahnya.
Sebagai contoh, Rasulullah misalnya, lebih banyak bersedekah dibandingkan bulan-bulan lainnya. Atau Usman bin Affan, mengkhatamkan Al Quran dalam 2-3 hari. Imam Syafi’i khatam Al-Quran 60 kali selama Ramadhan. Maka dari itu, saya pun membuat target ibadah yang lebih banyak dibandingkan dengan bulan-bulan lain, tentunya tanpa menjadikannya sebagai beban dan dengan mengukur kemampuan diri sendiri.
Berikut saya tuliskan target pribadi selama Ramadhan, sebagai pengingat bagi diri sendiri dan dengan harapan target tersebut Allah kabulkan dan mudahkan. Aamiin.

No
Aktifitas
Target
Keterangan
1
Tilawah Al Quran + Terjemah
6 Juz
Setiap hari
2
Hafalan Quran
1 jam
Setiap hari
3
Baca Buku
30 menit
Setiap hari
4
Tarawih
30 hari
Setiap hari
5
Tahajjud
min. 4 rakaat
Setiap Malam
6
Dhuha
min. 4 rakaat
Setiap hari
7
Sedekah/infak
Min. 10 ribu
Setiap hari
8
Dzikir Al Matsurat
Pagi dan sore
Bada subuh dan bada Ashar/Magrib
9
Istighfar
100 kali
Setiap hari
10
Sholawat
100 kali
Setiap hari
11
Tasbih, Tahmid, takbir
@100 kali
Setiap bada sholat fardhu
12
I’tikaf
5 kali di tanggal ganjil
10 hari terakhir

Rincian target Tilawah
Membaca 1 juz membutuhkan waktu sekitar 50-60 menit dengan kecepatan sedang. Agar lebih terjadwal, saya akan mencantumkan waktunya.
Pukul
Jumlah juz
03 – 04
1 juz
05 – 07
2 juz
11 – 12
1 juz
17 – 18
1 Juz
21 - 22
1 juz
Jika tidak tercapai juz di siang hari, maka saya akan menuntaskannya di malam hari sebelum tidur.

Demikian target pribadi selama bulan Ramadhan tahun ini. Apabila tercapai, saya akan menambah target untuk tahun depan. Hari ini harus lebih baik dari hari kemari, bulan ini harus lebih baik dari bulan kemarin, dan Tahun ini harus lebih baik dari tahu kemarin. Semoga Allah mengizinkan kita semua bertemu Ramadhan tahun depan. Aamiin. InsyaAllah

Ini targetku, bagaimana targetmu?

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!