Wednesday 21 October 2015


Gerakan ini lahir pada tahun 2015, dipelopori oleh seorang pemuda kelahiran Pandeglang, Banten, 26 tahun yang lalu, yang bernama Muhammad Ridwan, dan sekarang tinggal di daerah Rancaekek, kabupaten Bandung.
Dimulai dari keprihatinan akan kondisi musholla di perumahan dimana sekarang dia tinggal yang sudah tidak layak pakai. Padahal mushollanya aktif digunakan oleh warganya untuk sholat, pengajian ibu-ibu majlis ta’lim, latihan nasyid, dll. Musholla kecil yang berukuran 400 cm x 600 cm itu bahkan sudah tidak muat menampung warganya untuk sholat berjama’ah, apalagi pada saat bulan Ramadhan.
Oleh karena itu, pemuda yang biasa disapa Ridwan itu mengajak beberapa warga yang aktif di musholla untuk membuat Gerakan Renovasi Musholla. dengan struktur organisasi inti sebagai berikut:

Penasehat : Ust Ruspendi
Ketua : Asep Suparlan, 
Sekertaris: Muhamad Ridwan 
Bendahara: Suratman
Koord. Pelaksana : Odang
Koord. Pendanaan: Iman
Koord. Humas : Ajat Sudrajat

Target musholla pertama yang akan direnovasi adalah musholla Al-Ikhlas yang berlokasi di Perum Griya Utama, jl. Cendana 4 No. 54, Rancaekek, Bandung.
Musholla tersebut sudah tidak bisa diperlebar ke samping, karena posisinya terletak di antara dua rumah. Oleh karena itu, rencananya Musholla itu akan dirubah menjadi Masjid berlantai dua agar bisa menampung lebih banyak jama’ah.
Kami berharap, rencana kami bisa segera terlaksana, agar musholla tersebut bisa digunakan sebagai pusat kegiatan dan pendidikan masyarakat, dan agar bulan Ramadhan tahun depan, kami tidak perlu menggunakan jalan di luar musholla untuk solat tarawih.
Target ke depan, kami bisa merenovasi seluruh musholla di Indonesia, agar masyarakat bisa menjadikan musholla dan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat sehingga menjadi tolak ukur tingkat keimanan dan ketaqwaan masyarakatnya.
Oleh karena itu kami mengharap partisipasi dari Anda, para dermawan di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam upaya merovasi musholla-mushola tersebut dengan menyalurkan donasi terbaik Anda. Donasi bisa dikirim melalui no. Rekening 7087655312 a.n Muhamad Ridwan. Atau untuk daerah Bandung dan sekitarnya, bisa menghubungi nomor 087772501195 jika ingin menyerahkan bantuan secara langsung.

Allah SWT berfirman:

إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلَّا اللَّهَ ۖ فَعَسَىٰ أُولَٰئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ
Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari akhir, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS. At Taubah: 18)

Mari menjadi bagian dari Hamba-hamba Allah yang memakmurkan masjid!

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!